Sabtu, 17 September 2011

Al Quran yang Sebenarnya

Bismillahir Rahmanir Rahim !
Apa itu Al Quran ?
Kalau orang awam yang ditanya tentang Al Quran tentu saja jawabannya bahwa Al Quran adalah Kitab Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan Malaikat Jibril. Pengertian tersebut pada dasarnya tidaklah salah, karena yang dijawabnya adalah pengertian Al Quran secara zahiriah. Tetapi apa Al Quran itu sebenarnya?

Di dalam Kitab Al Quran terdapat ayat-ayat yang dapat menjelaskan tentang apa itu Al Quran. Kalau kita mengkaji lebih jauh maka kita akan tahu tentang Al Quran yang sebenarnya.
Firman Allah di dalam Q.S: 23/31 Dan sekiranya ada suatu bacaan (kitab suci) yang dengan bacaan itu gunung-gunung dapat digoncangkan atau bumi jadi terbelah atau oleh karenanya orang-orang yang sudah mati dapat berbicara,(tentu Al Quran itulah dia).

Kita lanjutkan pada Q.S: 59/21 Kalau sekiranya kami menurunkan Al Quran ini kepada sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnya tunduk terpecah belah disebabkan takut kepada Allah. 
Nah, kalau Al Quran yang kita maksudkan itu adalah Kitab yang sering kita baca di rumah, tentulah bukan itu, karena Al Quran yang dimaksud di sini yaitu Al Quran yang apabila diletakkan kepada sebuah gunung maka gunung itu akan terpecah belah karena takutnya kepada Allah.

Lalu apa Al Quran itu ?
Q.S: 42/52 Dan demikian Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang Kami kehendaki di antara hamba-hamba Kami.

Dimana Al Quran iu berada ?
Q.S: 26/192-194 Dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta Alam. Dia dibawa turun oleh Ruh Al-Amin (Jibril). Ke dalam hatimu (Muhammad) agar kamu menjadi salah seorang di antara orang-orang yang memberi peringatan.
Di ayat lain akan lebih jelas lagi.
Q.S: 29/49 Sebenarnya Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu.

Dari kajian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Al Quran yang sebenarnya adalah cahaya yang berada di dalam hati (dada) orang-orang yang diberi ilmu.

5 komentar:

  1. Subhanallah,
    kajian ini menjd pencerah utk memahami makna al Qur'an yang begitu luas dan dalam

    BalasHapus
  2. pendapat kaum muktazilah. al-Quran adalah akal yang berfungsi dan teraktual...wilayah faqih jelas mengatakan al-Quran zhahir adalah MUSHAF, dan yang bathin itu debatebel...wallahu a'lam...

    BalasHapus
  3. Al-Qur'an yang sebenarnya ternyata berasal dari hati yang disucikan, seperti hati Muhammad SAW

    BalasHapus
  4. Pada masa sahabat apakah quran sudah dimusafkan & dicetak seperti sekarang ya...? Saya sering dengar ceramah dari ustad2 kita bahwa Rasulullah & para sahabat memperbanyak membaca Al Quran khususnya pada bulan Ramadhan. Apakah yg beliau lakukan seperti yg kita lakukan seperti saat ini...?

    wassalamu'alaikum wrm wbr

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum izikan saya menyalin segala isi kandungan sebagai panduan unut diri saya dan keluarga saya Terima kasi semoga Allah swt yang dapat membalas segala ilmu yng dipaparkan diruang ini

    BalasHapus